Ilmu Reproduksi Ternak
(IRT)

Mata kuliah Ilmu Reproduksi Ternak memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang susunan anatomi dan fungsi-fungsi fisiologik organ reproduksi ternak baik jantan maupun betina. Selanjutnya diberikan pengetahuan tentang sistem hormonal yang berperan dalam proses reproduksi berawal dari definisi hormon, kelenjar kelenjar hormon, nama nama hormon serta peranannya dalam mendukung sistem reproduksi/perkembangbiakkan ternak.

Guna memahami teknik teknik perkawinan ternak, mahasiswa dibekali pengetahuan tentang siklus reproduksi ternak meliputi si klus estrus, lama estrus berbagai ternak agar dalam prakteknya kelak dapat tercapai teknik perkawinan ternak yang semakin efisien.

Pada pembelajaran berikutnya mahasiswa diberikan pemahaman terhadap proses terjadinya kebuntingan sampai dengan kelahiran ternak. Pembelajaran ini diawali dari pengertian dan tahapan tahapan terjadinya pembuahan (fertilisasi), terbentuknya zygot, proses cleavage (pertumbuhan embrio tahap morulasi, blastulasi, gastrulasi), organogenesis, diagnosa kebuntingan, kelahiran/partus sampai dengan pertolongan pasca kelahiran ternak.